Ads 468x60px

Rabu, 06 Maret 2013

Biografi Ahmad Dhani

Nama asli : Dhani Ahmad Prasetyo
Tanggal lahir : 26 Mei 1972
Lahir di : Surabaya, Jawa Timur
Zodiac : Gemini
Terkenal sejak menjadi leader grup band Dewa 19

Dhani Ahmad Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan Ahmad Dhani dikenal sebagai personil yang memprakarsai grup Dewa 19. Ia juga dikenal sebagai pencipta lagu, produser rekaman dan pemilik perusahaan musik Republik Cinta Management (RCM). Keturunan dari Eddy Abdul Manaf ini lahir di Surabaya, 26 Mei 1972.

Dhani, pria yang memiliki darah keturunan yahudi, sudah memperlihatkan ketertarikannya pada dunia musik sejak ia duduk di bangku SMP. Alumnus SMP Negeri 6 Surabaya ini kemudian membuktikan bakatnya terhadap musik dengan menyabet juara 1 "Festival Band SLTA '90" bersama rekannya yang juga penggagas berdirinya Dewa, Andra Junaidi dan Erwin Prasetya. Berbekal gelar yang telah dikantongi, Dhani nekat menjual lagunya ke label perusahaan rekaman yang ada di Jakarta.

Perjuangan yang dilakukan Dhani terbilang sukses dengan rilisnya album pertama Dewa, yang berkelanjutan hingga kini mencapai album kesembilan. Sayangnya, band yang telah berdiri selama 25 tahun ini bubar pada 2011 dan menyatakan diri sebagai band nostalgia.

Kontribusi Dhani di industri musik tak sampai di situ. Sebelum Dewa bubar, Dhani telah memiliki beberapa band bentukannya sendiri sebagai proyek sampingan. Ia pun menjadi salah satu personil dalam band tersebut. Band yang digawanginya tersebut antara lain The Rock (personil dari luar Indonesia) dan The Rock Indonesia Ahmad Dhani (T.R.I.A.D) (personil dari Indonesia).

Dhani dikenal sebagai tokoh yang melahirkan berbagai nama baru di belantika musik tanah air sejak mendirikan RCM pada Maret 2007. Di bawah naungannya inilah, lahir beberapa artis yang sukses dilejitkan namanya oleh Dhani, antara lain Mulan Jameela, The Virgin, Mahadewi, Lucky Laki dan Alexa Key.

Kehidupan ayah dari Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani ini memang penuh kontroversi. Kontroversi yang silih berganti menghiasi hidupnya muncul dari beragam persoalan, dari mulai masalah kiprahnya dalam bermusik hingga rumah tangga di kehidupan pribadinya.

Kehidupan pribadinya pun tak kalah menuai kontroversi. Pernikahan Dhani dengan Maia Estianty selama 14 tahun harus berakhir di meja perceraian pada 2008 dengan segepok masalah yang sudah menyedot perhatian publik. Ia pun sempat digosipkan memiliki hubungan khusus dengan salah satu artis yang dinaunginya, Mulan.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar